Jumat, 24 Mei 2019
CJR Internasional Psikologi Pendidikan
Tugas Mandiri Kedua
(Tugas Report)
ReviewJurnal PSIKOLOGI PENDIDIKAN
IOSR Journal of Humanities and Social Science
Sumber http://schollar.google.co.id
Disusun Sebagai Salah Satu Tugas Mandiri Yang Diwajibkan
Dalam Mengikuti Perkuliahaan Psikologi Pendidikan
Oleh
HAMIDAH PASARIBU
0310182071
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA
TAHUN 2019
Kata Pengantar
Segala puji bagi Allah yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan penulisan critical journal revivew ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongannya mungkin penulis tidak akan sanggup untuk menyusun Critical Journal Review ini dengan baik.
Penulis juga mengucapkan terimakasih kepada dosen pengampu yang telah membantu penyusunan dalam menyelesaikan makalah ini. Ucapan terima kasih yang sama juga penulis sampaikan kepada kedua orang tua yang selalu mendukung di saat senag maupun susah.
Penulis menyadari bahwa Critical Journal Review ini memiliki banyak kekurangan. Untuk itu saran dan kritik dari para pembaca sangat penulis harapkan untuk menyempurnakan laporan ini sehingga menjadi lebih sempurna, baik, dan bermanfaat.
Medan, Mei 2019
Reviewer
Daftar Isi
Kata Pengantar
Daftar Isi
Pendahuluan
Ringkasan Jurnal
Identitas Jurnal
Kesimpullan
Pendahuluan
Anak-anak diusia muda sangat berpotensi untuk dididik, pendidikan yang di lakukan di rumah atau sekolah harus menanamkan nilai-nilai karakter yang baik, salah satu karakter yang harus ditanamkan pada anak-anak sekolah dasar adalah hones! Perilaku, salah satu metode yang dianggap membantuk perilaku jujur adalah dengan menerapkan metode dongeng. Penelitiam ini bertujuan untuk mengungkap tujuan metode interaktif peri sloiytelling untuk menanamkan perilaku jujur pada anak usia sekolah dasar 7-8 tahun.
Bercerita memiliki banyak kegunaan dalam pendidikan anak-anak. Dongeng menyebabkan mereka dapat secara mental meletakkan pengalaman dan melihat gambar di kepala mereka. Ini konsisten dengan perkembangan kognitif anak di mana saat ini menurut teori Piaget tentang perkembangan kognitif anak usia dini termasuk dalam tahap praoperasi.
Ringkasan Jurnal
Identitas jurnal
Judul : The Effect Of Fairytale Interactive Method For Improving The Honest Character On Children Ages 7-8 Years Of Elementary Students
Penulis : Dr. Mardianto, M.Pd
Lembaga penulis : IOSR Journal Of Humnities And Science
Penerbit : IOSR Jurnal
Pendahuluan
Pemilihan dongeng harus mempertimbangkan beberapa aspek penting yang menarik bagi kegiatan mendongeng anak-anak. Kusmiadi et al (2008) menjelaskan bahwa pemilihan harus didasarkan pada peri talc pada kriteria tertentu, yaitu 1) harus menarik dan memikat perhatian pendongeng sendiri, ketika dongeng akan sungguh-sungguh dan dikemas dengan dongeng yang menarik. 2) dongeng harus sesuai dengan kpribadian anak, gaya anak, dan bakat sehingga anak memiliki daya tarik untuk perhatian anak dan keterlibatan aktif dalam kegiatan mendongeng. 3) dongeng berdasarkan tingkat usia. 4) dongeng dalam waktu singkat mencapai perhatian anak.
Kajian Teori
Bercerita memiliki banyak kegunaan dalam pendidikan anak-anak. Dia menyimpulkan bahwa dongeng itu menyajikan kerangka kerja konseptual untuk berfikir, yang menyebabkan anak dapat membentuk pengalaman keseluruhan sehingga mereka dapat dipahami. Pemikiran praoperasional adalah kemampuan untuk merekonstruksi level awal dari ide-ide dasar tentang apa yang telah dilakukan dalam perilaku.
Metode Penelitian
Dongeng dengan interaktif ini siswa akan merasa lebih bahagia dan penanaman nilai-nilai karakter akan dapat dismapaikan secara efektif dan efisien. Seperti biasa jujur dan rasa takut akan dilakukan oleh para siswa melalui dongeng interaktif. Habituasi adalah sesuatu yang sengaja dilakukan berulangkali sehingga sesuatu bisa menjadi kebiasaan. Dalam psikologi pendidikan, metode pembiasaan dikenal sebagai pengkondisian operan, yang merupakan metode membiasakan diri bertindak kebenaran Hilly. (H.E. Mulyasa,2012: 166).
Pembahasan
Metode mendongeng dapat memberikan kesenangan kepada siswa, karena anak-anak berusia 7-8 tahun sejak kecil yang suka mendengarkan dongeng dari gurunya, yang berbicara langsung dari guru secara lisan. Pendidikan karakter yang ditanamkan melalui dongeng interaktif pada siswa dapat dilihat dalam penerapan hari pasar setiap hari sabtu dengan model kantin kejujuran, kejujuran dalam berdoa siswa di rumah juga dikendalikan oleh buku penghubung, dan penghematan pembiasaan di sekolah.
Kesimpulan dan Saran
Kesimpulan
Sekolah dasar memiliki peran yang sangat penting strategis dalam menentukan dan membangun karakter jujur bagi siswa dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah, di rumah maupun di masyarakat. Kejujuran adalah hal yang sangat penting untuk di pupuk dan di kembangkan untuk kehidupan di masa depan. Sebaiknya peneliti dapat memberikan contoh keterlibatan orangtua dalam proses memberikan pelajaran pada anak-anaknya, dan peneliti dapat menuliskan faktor-faktor yang menjadi pendorong bagi anak tersebut agar setiap pembaca dapat lebih memahami kerja atau keterlibatan orang tua terhadap anaknya.
Saran
Sebaiknya peneliti dalam melakukan metode penelitian, penelitian tidak hanya mengambil data dengan kusioner tapi juga dengan studi dokumentas.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)

Mantappp
BalasHapusMantullll
BalasHapus