Jumat, 24 Mei 2019
CJR Nasional Psikologi Pendidikan
Tugas Mandiri Kedua
(Tugas Report)
ReviewJurnal PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Hubungan Antara Kecerdasan Naturalistik, Kecerdasan Emosional, dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa
Sumber http://ojs.unm.ac.id/UJBE
Disusun Sebagai Salah Satu Tugas Mandiri Yang Diwajibkan
Dalam Mengikuti Perkuliahaan Psikologi Pendidikan
Oleh
HAMIDAH PASARIBU
0310182071
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA
TAHUN 2019
Kata Pengantar
Segala puji bagi Allah yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan penulisan critical journal revivew ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongannya mungkin penulis tidak akan sanggup untuk menyusun Critical Journal Review ini dengan baik.
Penulis juga mengucapkan terimakasih kepada dosen pengampu yang telah membantu penyusunan dalam menyelesaikan makalah ini. Ucapan terima kasih yang sama juga penulis sampaikan kepada kedua orang tua yang selalu mendukung di saat senag maupun susah.
Penulis menyadari bahwa Critical Journal Review ini memiliki banyak kekurangan. Untuk itu saran dan kritik dari para pembaca sangat penulis harapkan untuk menyempurnakan laporan ini sehingga menjadi lebih sempurna, baik, dan bermanfaat.
Medan, Mei 2019
Reviewer
Daftar Isi
Kata Pengantar
Daftar Isi
Pendahuluan
Ringkasan Jurnal
Identitas Jurnal
Kesimpulan
Pendahuluan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan naturalistik, kecerdasa emosional, motivasi belajar, dan hasil belajar biologi. Mengetahui hubungan kecerdasan naturalistik dengan hasil belajar biologi, mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan dengan hasil belajar biologi, mengetahui hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar biologi, dan mengetahui hubungan kecerdasan naturalistik, kecerdasan emosional, dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar Biologi siswa kelas bakat istimewa SMP Negari 6 Makassar.
Ringkasan jurnal
Identitas jurnal
Judul : Hubungan Antara Kecerdasan Naturalistik, Kecerdasan Emosional, dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa
Penulis : Sri Marwah, Muhammad Jufri, Muhammad Wiharto Caronge
Lembaga penulis : Jurnal Pendidikan Biologi UMN
Penerbit : Atribusi Commons Attribution
Pendahuluan
Pada dasarnya kemampuan yang dimiliki setiap individu tidak sama. Pendidikan yang diberikan untuk setiap individu seharusnya merujuk pada adanya perbedaan tersebut. Setisp orang seharusnya mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan bakat-bakat yang tidak sama yang mereka miliki (Hamalik, 2009).
Biologi merupakan salah satu mata pelajaran yang didalamnya mengandung berbagai istilah-istilah latin serta materi yang kompleks yang terkadang membuat siswa merasa sulit memahaminya. Ada beberapa hal yang diduga menyebabkan kurangnya penguasaan materi pelajaran biologi. Salah satunya tingkat kecerdasan yang dimiliki siswa yaitu kecerdasam naturalistik dan kecerdasan emosional serta kurang membangkitkan motivasi belajar siswa.
Kecerdasan naturalis adalah keahlian mengenali dan mengategorikan spesies yaitu flora dan fauna di lingkungan sekitar, mengenali keberadaan spesies, memetakan hubungan antar spesies (Yuliani, 2009). Motivasi adalah suatu usaha yang didasari untuk menggerakkan, mengarahkan dan menjaga tingkah laku seseorang agar ia terdorong untuk bertindak melakukan sesuatu sehingga mencapai hasil atau tujuan tertentu (Nashar, 2004).
Relevansinya untuk mengetahui kadar kecerdasan seorang siswa dalam proses belajar, terutama dalam mata pelajaran Biologi.
Metodologi Penelitian
Dokumentasi nilai hasil belajar Biologi siswa semester ganjil Tahun Pelajaran 2016-2017. Data penelitian dianalisis dengan uji korelasi, regresi sederhana dan ganda menggunakan program komputer program SPSS 20.0 for windows. Sebelum melakukan analisis agresi terlebih dahulu dilakukan uju persyaratan yaitu signifikansi kecerdasan naturalistic sebesar 0,200 dan motivasi sebesar 0.72. Uji linearitas digunakan untuk mengetahui apakah hubungan atara setiap variabel bebas dan terikat dalam penelitian bersifat linear atau tidak.
Pembahasan
Kecerdasan naturalistik siswa kelas bakat istimewa SMP Negeri 6 Makassar berada pada kategori sangat tinggi. Kemampuan mengenali, mengklasifikasikan dan mengembangkan pengamatan kritis tersebut dapat di pengaruhi oleh beberapa faktor ekologis (lingkungan siswa). Kecerdasan naturalistik memberikan kontribusi terhadap hasil belajar biologi dan di dukung oleh teori. Hubungan positif antara motivasi dengan hasil belajar Biologi berarti bahwa jika tingkat motivasi seorang siswa untuk belajar mengalami peningkatan, maka hasil belajar Biologi siswa tersebut akan ikut meningkat.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa motivasi mempengaruhi prestasi belajar. Tinggi rendahnya motivasi selalu dijadikan indikator baik buruknya prestasi belajar seorang siswa. Hasil belajar dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu: faktor internal (faktor dalam diri siswa) yaitu aspek fisiologis dan aspek psikologis, faktor eksternal (faktor dari luar siswa) berupa kondisi lingkungan di sekitar siswa, dan faktor pendekatan belajar (approach to learning)
Kesimpulan dan Saaran
Kesimpulan
Berdasarkan dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kecerdasan naturalistik siswa tergolong sangat tinggi, kecerdasan emosional siswa tergolong sedang, motivasi siswa tergolong tinggi.
Saran
Sebaiknya peneliti dalam melakukan metode penelitian, peneliti tidak hanya mengambil data dengan kuisioner tapi juga dengan studi dokumnetasi, menjelaskan studi dokumentasi serta hasil studi yang di dapat. Sebaiknya peneliti menyebutkan apakah instrument kuisioner yang dibuat telah valid atau belum.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)

👍👍👍
BalasHapusBagusss
BalasHapus